Dosen Manajemen Informatika Universitas Negeri Surabaya Gelar Pengabdian Masyarakat: Implementasi Scratch Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SDN Hangtuah 7 Surabaya

Dalam rangka mendukung inovasi pembelajaran berbasis teknologi, dosen manajemen informatika dari Universitas Negeri Surabaya mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SDN Hangtuah 7 Surabaya. Kegiatan ini bertemakan “Implementasi Scratch sebagai Media Pembelajaran Interaktif” dan bertujuan memperkenalkan teknologi pembelajaran berbasis pemrograman visual kepada guru dan siswa. Program ini berlangsung dengan penuh antusiasme, melibatkan berbagai elemen sekolah, termasuk guru, siswa, dan tenaga kependidikan.
Scratch, sebuah perangkat lunak pemrograman visual yang mudah digunakan sebagai alat inovatif dalam mendukung proses pembelajaran. Melalui pelatihan ini, para guru diajarkan cara memanfaatkan Scratch untuk membuat media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Dengan fitur-fitur seperti animasi, pembuatan permainan, hingga simulasi, Scratch diharapkan mampu meningkatkan minat siswa dalam belajar sekaligus mengasah kemampuan berpikir logis dan kreatif mereka.
Kegiatan ini menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi para siswa. Mereka diajak langsung untuk menggunakan Scratch dalam membuat proyek sederhana seperti animasi bergerak atau permainan interaktif. Melalui praktik ini, siswa belajar bagaimana menghubungkan konsep-konsep yang dipelajari di kelas dengan teknologi digital. Hal ini tidak hanya memperkaya pemahaman mereka tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri dalam menggunakan teknologi.
Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UNESA untuk berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui inovasi pendidikan. Dosen yang terlibat dalam pengabdian ini juga berharap dapat memberikan dampak yang berkelanjutan di mana teknologi seperti Scratch dapat menjadi bagian dari kurikulum dan pembelajaran sehari-hari di sekolah.
Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan tidak hanya guru dan siswa yang mendapatkan manfaat tetapi juga dunia pendidikan secara umum. Inovasi seperti ini menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan generasi muda yang melek teknologi dan mampu bersaing di era digital. Ke depan, UNESA berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan serupa di berbagai sekolah lainnya.